Selasa, 18 Maret 2014

JAWABAN LATIHAN SOAL

SOAL LATIHAN

2. Sejumlah gas ideal menjalani proses isobaric sehingga volumenya menjadi 3 kali semula, maka suhu mutlaknya menjadi n kali semula dengan n adalah...

Jawaban : 


3. Dalam gambar, volume tabung B sama dengan 2 kali volume tabung A. Sistem tersebut diisi dengan gas ideal. Jumlah molekul sama dengan N dalam tabung A dan 3N dalam tabung B. Bila gas dalam tabung A bersuhu 300K maka dalam tabung B suhu gas adalah ….




Jawaban : 






4.  Jika suatu gas ideal dimampatkan secara isotermik sampai volumenya menjadi setengahnya, maka ….

Jawaban : 




5.  Gas dalam ruang tertutup bersuhu 42OC dan tekanan 7 atm serta volumenya 8L. Jika gas dipanasi sampai 87OC, tekanan naik sebesar 1 atm, maka volume gas …

Jawaban : 



6.  Sejumlah 8 gram oksigen (massa molar = 32 gram/mol) mengandung partikel sebanyak …. (bilangan AVo-gadro = 6,022x1023 partikel/mol)..

Jawaban : 



7.   12 gram gas pada suhu 27OC menempati ruang 6 liter dan tekanannya 2 atm. Massa molar gas tersebut adalah ….

Jawaban  : 


8.   Suatu tangki berisi gas monoatomik pada suhu 27OC. Agar laju efektif partikel gas di dalam tangki menjadi dua kali semula, maka suhu gas harus dinaikkan menjadi .. 

Jawaban :

9.  Pada suhu yang sama, perbandingan laju efektif molekul gas oksigen (Mr=32) terhadap laju efektif molekul gas nitrogen (Mr=28) adalah …. 

Jawaban  :

10. Suatu tabung berisi 2,4 x 1023 partikel gas ideal monoatomik pada tekanan1,6 atm dan volume 8 liter. Energi kinetic rata-rata tiap partikel gas di dalam tabung itu adalah …. 

Jawaban  : 

12. Jika suhu gas ideal dalam ruangan tertutup dinaikkan menjadi 4 kali suhu semula, maka kecepatan gerak partikel-partikelnya menjadi ….

Jawaban  : 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar